Gangguan Fungsi Hati

Posted on

Menjaga Kesehatan  Hati 

 

Hati atau sering juga disebut sebagai liver tah hanya bertugas memecah dan menyimpan zat gizi namun juga berfungsi untuk memproses pemecahan senyawa racun atau dikenal dengan proses detoksifikasi.

  • Sekitar satu juta orang meninggal setiap tahun (2,7% kematian) disebabkan karena virus hepatitis, penyakit liver (hati) dan kanker hati.
  • Sakit kuning juga diketahui sebagai hepatitis dan ini disebabkan oleh peradangan (inflamasi) akibat infeksi dari virus hepatitis.

Hati atau liver adalah salah satu organ yang paling vital dalam tubuh, yang banyak melakukan fungsi, diantaranya adalah yang mengontrol sintesis berbagai nutrisi dalam tubuh. Organ ini adalah organ yang sangat kuat, karena kemampuannya yang multitasking untuk 500 fungsi yang berbeda. Karena tingkat polusi lingkungan yang terus berkembang, maka tubuh akan terkena sejumlah besar polutan. Dan, semua ini bisa disimpan dalam hati melalui aliran darah. Oleh karena itu, membersihkan organ hati menjadi sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh agar benar dan tetap sehat.

Ketahui Jenis Kerusakan Hati :

  1. Perlemakan  hati  yang dapat  dipicu  oleh  obesitas (kegemukan).
  2. Fibrosis  adalah  jaringan  hati yang rusak akibat adanya peradangan dan berpotensi sirosis.
  3. Sirosis dapat menimbulkan akumulasi air dan garam (edema) dan memicu perut bengkak (ascites).
  4. Sirosis dapat berujung hingga kanker hati (hepatocellular carcinoma).

 FAKTA NYATA!

  • Kulit manggis memiliki manfaat terhadap kesehatan hati, ekstraksi kulit buah manggis telah diuji coba pada 14 sel kanker hati manusia dan menunjukkan hasil yang positif.
  • Penelitian menunjukkan bahwa asupan antioksidan lycopene (tomat) bermanfaat sebagai hepato protector agent (pelindung hati) pada organ hati penderita hepatitis.
  • Bee Propolis membantu melindungi hati. Kandungan bioflavonoid dalam Bee Propolis berperan mengaktifkan kembali sistem imun yang rendah dengan meningkatkan respon imun.

Hati merupakan organ vital bagi tubuh manusia, berikut ini adalah fungi hati manusia yang harus kita ketahui :

  • Menawarkan dan juga menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh manusia, proses ini disebut juga dengan proses detoksifikasi. Beberapa jenis asupan bersifat racun seperti obat-obatan dan juga alkohol dibersihkan oleh hati sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, asupan alkohol dan obat-obatan terus menerus akan memperberat fungsi hati sehingga merusak fungsi hati dalam jangka waktu tertentu.
  • Sebagai organ yang menghasilkan protein plasma.
  • Hati merupakan organ yang membantu pembuangan bilirubin. Bilirubin merupakan suatu zat yang tidak baik bagi kondisi tubuh sehingga harus dibuang melalui proses ekskresi.
  • Menghasilkan hormon insulin yang berguna untuk mengubah glukosa menjadi energi.
  • Mengubah berbagai zat makanan yang diabsorbsi di dalam usus kemudian disimpan di suatu tempat di dalam tubuh, selanjutnya zat makanan tersebut akan diubah sesuai dengan kegunaannya.
  • Hati merupakan organ yang mengatur sirkulasi hormon.
  • Meningkatkan suhu darah yang melewati hati agar suhu tubuh tetap stabil.
  • Memakan antigen dan juga mikroorganisme yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.
  • Melakukan pengaturan terhadap komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan berbagai jenis zat lain.
  • Sebagai tempat untuk menyimpan hermatin. Hermatin tersebut berguna untuk proses penyempurnaan sel darah merah yang baru.
  • Membantu empedu untuk menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu tersebut memiliki manfaat untuk mengemulsi lemak yang ada di dalam makanan.
  • Ketika dalam kondisi janin, hati berguna untuk membentuk sel darah merah.
  • Membentuk urea sebagai hasil dari perombakan asam amino.
  • Menyimpan vitamin larut lemak (A, D, E, dan K), vitamin B12, dan mineral.
  • Menghasilkan protrombin dan juga fibrinogen. Keduanya berguna untuk mencegah penggumpalan darah.

Itulah beberapa manfaat organ hati bagi tubuh manusia. Begitu banyaknya fungsi hati bagi tubuh kita mengingatkan kita untuk selalu menjaga kondisi organ hati agar selalu sehat serta dapat melakukan tugas dan fungsinya dengan baik.

Fungsi Hati yaitu : 

  • detoksifikasi racun di tubuh
  • menyimpan energi
  • memproduksi protein
  • memproduksi kolesterol
  • menguraikan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh
  • dll

Hati dapat menjalankan fungsinya dengan baik tentunya perlu ditunjang oleh asupan yang baik pula seperti makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta protein yang didapat dari kacang-kacangan dan polong-polongan. Batasi konsumsi daging dan hindari lemak trans, dan juga hindari alkohol serta merokok.

Berikut tips makanan yang baik untuk dikonsumsi Menu diet sehat. Suplemen atau vitamin yang dijual bebas untuk menjaga hati fungsi hati dapat bermanfaat, namun yang perlu diutamakan adalah asupan makanan harian yang Anda konsumsi. Diskusikan dengan dokter yang menangani Anda mengenai vitamin tambahan yang dapat Anda konsumsi dalam jangka panjang dan cukup aman.

Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Seseorang yang positif dari pemeriksaan laboratorium perlu melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui sejauh manakah virus tersebut sudah merusak organ hati. Penanganan yang tepat dan adekuat akan menghasilkan prognosis atau angka kesembuhan yang tinggi, walaupun seseorang masih memiliki virus tersebut di dalam hatinya. Tidak perlu terlalu khawatir, mengingat semakin dini hepatitis ditangani makan kerusakan pada hati yang lebih parah dapat dihindari.

Makanan untuk mendetoksifikasi hati (liver) secara alami

Meskipun detosifikasi hati secara medis adalah yang terbaik, namun Anda juga dapat mendetoksifikasi hati Anda sendiri dengan cara alami melalui makanan sehat. Diet makanan sehat harian akan memungkinkan Anda untuk menjaga liver Anda tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

Berikut makanan sehat alami yang bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam liver ANDA!

1 . Bawang putih : Bawang putih kaya akan senyawa allicin, sulfur dan selenium. Ambil sedikit saja dari dapur Anda, dan itu akan bekerja pada hati Anda. Tapi proses pemanasan atau memasak bisa menghancurkan kualitas nya. Jika Anda tidak dapat memakannya mentah-mentah, Anda mungkin perlu menemukannya di toko obat dalam bentuk kapsul.

2 . Wortel : Tidak hanya itu sarat dengan vitamin A, wortel  juga merupakan sayuran yang sangat bermanfaat dan memungkinkan untuk mendetoksifikasi hati. Wortel kaya akan glutathione, yaitu sejenis protein yang membantu mendetoksifikasi hati. Hal ini juga mengandung flavonoid dan beta karoten. Anda bisa memakannya sebagai salad atau hanya makan mentah seperti kelinci. Cobalah untuk mencernanya mentah-mentah, karena akan memberikan manfaat yang maksimal.

3 .  Sayuran Hijau: Kita semua mungkin telah membaca tentang sayuran yang menjadi  pelindung utama dari sistem tubuh kita. Sayuran hijau mengandung klorofil, yang bermanfaat untuk menyedot racun secara alami dari aliran darah. Hal ini juga membantu produksi dan mengalirkan empedu, sehingga mempertahankan aliran yang konstan dalam hati. Anda dapat memakan sayuran hijau mentah, direbus, dijus atau dimasak.

4 . Tomat : Buah sayur yang ini mengandung sekitar 170 mg glutathione per porsi, yang bekerja sangat baik untuk mendetoksifikasi liver Anda. Makan tomat segar akan lebih menguntungkan bagi kesehatan Anda.

5 . Kenari : Kacang ini  mengandung glutathione dan juga merupakan sumber omega – 3 ,  yang membantu untuk mendetoksifikasi hati serta memberi makan otak. Taburkan mereka di atas salad atau makan bersama sarapan Anda .

6 . Asparagus : Sayuran ini adalah diuretik alami. dan Anda dapat memakannya mentah. Selain itu, ekstrak asparagus sangat membantu menyingkirkan efek mabuk alk*hol, dan melindungi sel-sel hati dari racun alk*hol. Ini adalah makanan yang bagus untuk detoksifikasi hati .

7 . Apel : Seorang pakar berkata, “1 buah apel setiap sehari akan menjauhkan Anda dari dokter”. Buah ini memang luar biasa,  tidak hanya kaya nutrisi tetapi juga merupakan bahan yang bagus untuk membersihkan aliran darah dan saluran pencernaan.

8 . Minyak zaitun : Minyak ini baik untuk membersihkan racun dalam hati bila digunakan dalam jumlah yang tepat. Minyak zaitun diciptakan berbasis lipid yang dapat menyerap racun dari tubuh.

9 . Semua biji-bijian : Biji-bijian seperti beras, gandum, beras merah bermanfaat meningkatkan metabolisme lemak secara keseluruhan, serta meningkatkan fungsi hati.

10 . Sayuran silangan : Bunga kol dan brokoli mengandung jumlah yang besar glukosinolat, yang ketika masuk kedalam tubuh akan meningkatkan produksi enzim dalam hati. Kedua sayuran ini termasuk dalam daftar sayuran paling bergizi didunia

11 . Lemon dan jeruk nipis: Vitamin C berguna untuk membantu untuk menyerap racun. Perasan air jeruk nipis atau jus lemon membantu meningkatkan kerja hati jika dikonsumsi pada pagi hari.

12 . Kunyit : Kunyit membantu meningkatkan detoksifikasi hati dengan cara membantu meningkatkan enzim yang menghilangkan karsinogen dari tubuh. Cobalah meminum kunyit segar, caranya parut kunyit, tambahkan air matang, kemudian peras/saring dan boleh juga ditambahkan madu.

Cobalah menggunakan bahan-bahan alami tersebut, dan lihat peningkatan substansial dalam pencernaan dan sirkulasi darah Anda. Tetap kunjungi dokter Anda untuk mendetoksifikasi hati setidaknya sekali dalam setahun, supaya liver Anda selalu sehat dan optimal melaksanakan fungsi multitaskingnya setiap hari..

Buat Anda yang malas untuk melakukan aktivitas tersebut UNIHEALTH memberikan solusi dengan herbal alami yaitu dengan Paket Liver Guard Pack yang bermanfaat untuk melindungi liver / hati dari antimikroba serta menjaga fungsi liver / hati tetap sehat.

Paket produk untuk membantu kesehatan liver 

LIVER GUARD PACK adalah paket yang terdiri dari 1 Legalon, 1 Asta-Gen, dan 1 Bee Propolis  yang mengandung bahan alam terbaik untuk kesehatan fungsi liver / hati.

Selengkapnya tentang Legalon !

Selengkapnya tentang Asta-gen !

Selengkapnya tentang Bee Propolis !

 

Cara minum konsumsi paket Liver Guard Pack 

  • Minum 1-3 kapsul Astagen setiap hari , 1 kapsul Legalon 3 kali sehari , dan 2-4 kapsul bee propolis sebelum makan untuk mengembalikan fungsi hati yang optimal.

Kami sebagai Agen Resmi , Toko yang menjual Produk – produk Unihealth , Menjual produk ASLI dan ORIGINAL. Segera langsung hubungin CS kami untuk order dan pemesanan Via TELPHON / WA / SMS/ BBM !